Sabtu, 23 Januari 2016

Cara Memelihara Pusat Kesenangan

"Berhati-hatilah dengan aktivitas yang terlalu menggembirakan, agar terpelihara pusat kesenangan Anda."

Memikirkan pesan di atas membuatku penasaran; bagaimana cara memelihara pusat kesenangan? Memangnya, apa pusat kesenangan itu? :)

Menyoal pusat kesenangan, kita akan diingatkan lagi dengan fungsi otak dan bagian-bagiannya. Termasuk ganglia basal, yaitu struktur besar jauh di dalam otak yang berperan dalam kesenangan dan motivasi. Jika ganglia basal sehat, kita merasa bahagia. Jika ganglia basal bekerja terlalu keras, kita merasa cemas. Jika aktivitasnya rendah, bisa jadi.. kita akan merasa sedih. Wah, sampe segitunya ya, pengaruhnya....
Adapun CARA MEMELIHARA PUSAT KESENANGAN adalah membatasi pengaruh yang lebih negatif akibat penggunaan teknologi yang berlebihan.

Dalam buku berjudul Thrilled to Death, Dr. Archibald Hart menyimpulkan bahwa evolusi teknologi dalam masyarakat kita mengosongkan pusat-pusat kesenangan di otak. Dengan serangan gencar video games, pesan teks, telepon seluler, Facebook, Twitter, kencan online, pornografi dan perjudian, pusat-pusat kesenangan kita dibuat lelah. Tidak lama lagi, kita tidak akan sanggup merasakan apa-apa.

#ChangeUrBrainChangeUrBody
#DanielG.Amen,M.D.
#ODOPfor99days#day15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar